Berangkat Dengan Kesederhanaan Tampil Dengan Kesempurnaan (Tari Pukat Persembahan Team Tari STIES Riyadlul Jannah)

Riuh tepuk tangan keras terdengar saat penampilan tari pukat yang dipersembahkan oleh Mahaputri STIES Riyadlul Jannah dalam acara Panggung Kreasi Pra-Haflah Riyadlul Jannah. Bagimana tidak para penari ternyata memberikan kejutan istimewa didetik-detik akhir penampilan. 

Jika tahun kemarin kreasi yang ditampilkan adalah Tari Saman, tahun ini Mahaputri Riyadlul Jannah ingin yang berbeda. Kemudian dengan pertimbangan yang matang, muncul ide menampilkan kolaborasi tari, namun hal tersebut mendapatkan sedikit kritik dari panitia. Selanjutnya salah seorang dari mereka mengusulkan untuk menampilkan tari pukat dan alhumdillah mereka setuju dengan ide tersebut.

Awalnya mereka merasa tari ini termasuk dalam tarian yang derakanya terbilang sulit. Namun semangat mereka justru semakin membara karena dengan kesulitan tersebut mereka semakin merasa tertantang. Tentunya hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, perlu usaha dan latihan yang keras jika hal ini berhasil. Dengan segala kekurangan namun berlapiskan semngat 45 Tim Tari STIES Riyadlul Jannah berhasil memberikan penampilan yang mengagumkan dan mendapatkan Standing Applause dari penonton.

Tari pukat merupakan sebuah persembahan tarian yang bersalah dari Provinsi Aceh. Kalimat Pukat sendiri memiliki arti jala atau jaring, hal ini menggambarkan bagaimana kehidupan dan mata pencaharian warga pesisir Aceh yang mayoritas adalah nelayan. Selain itu terdapat filosopi yang kental dalam tarian Pukat ini. Terlihat jala yang merka anyam dalam tarian seakan menggambarkan persatuan dan kesatuan antar umat itu sangat penting, agar terwujud masyarakat yang aman, tentram dan damai maka persatuan merupakan solusi untuk hal tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *