Thibbun Nabawi Bersama Ust. Abu Bakar Di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah

Kesehatan merupakan nikmat terbesar yang Allah berikan kepada kita semuanya. dengan sehat kita bisa beraktifitas, dengan sehat kita bisa beribadah, dengan sehat kita bisa khusyuk melakukan komunikasi kita kepada Allah. Namun terkadang tidak sedikit dari kita lupa bahwa sehat itu merupakan komponen penting dalam hidup ini. Banyak dari manusia saat ini sibuk dengan aktifitas dunianya hingga lupa dengan kesehatan yang harus di jaga dan disyukuri. Seorang motifator hebat pernah berkata ” jangan kau kejar uang hingga lupa akan kesehatan, karena saat kesehatan pergi darimu kau akan tahu bahwa kesehatan itu mahal harganya”.

Dalam islam juga sangat diajarkan kita untuk menjaga yang namanya kesehatan, karena kesehatan merupakan bentuk cintanya Allah kepada kita. Allah berikan kita kesehatan untuk kita mensyukuri hal itu, Allah beri kita kesehatan untuk kita selalu ingat kepada Allah dan Allah beri kita kesehatan untyk kita lebih dan lebih dekat kepada Allah melalui nikmat sehat tersebut. untuk itu penting dan perlu bagi kita menjaga nikmat sehat dengan sebaik-baiknya. Rasullullah merupakan teladan kita bagaimana menjaga kesehatan tersebut. terdapat banyak sunnah-sunnah rasul yang mengajarkan bagaimana mengajarkan kesehatan atau yang sering disebut dengan THIBBUN NABAWI . 

Dikesempatan yang indah ini PP Riyadlul Jannah khususnya Mahaputra dan Mahaputri STIES Riyadlul Jannah mendapatkan kunjungan spesial dari salah seorang ahli thibbun nabawi yaitu ust. Abu bakar, beliau merupakan spesialis thibbun nabawi di Jawa Timur dan telah lama berkecimpung dalam pengobatan ala Rasulullah. Dalam materinya, beliau memaparkan bahawa ternyata dalam islam sudah diajarkan bagaimana manusia untuk hidup sehat. banyak sekali obat herbal dan metode-metode dalam islam yang mengajarkan kita bagaimana menjaga kesehatan. misalnya dalam dalam hadist Rasulullah pernah mengatakan.

إِنَّ هَذِهِ الحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ، إِلَّا مِنَ السَّام

”Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian” (Muttafaqun ‘alaihi).

Beliau juga mengajarkan bagaimana menjaga dan merubah pola hidup agar jauh dari penyakit. tentunya dengan cara yang telah diajarkan dalam al-quran dan sunnah nabi shallahualaihiwasalam.Untuk itu. mulai sekarang mari semua dari kita sadar bahwa pentingnya menjaga kesehatan. tidak perlu susah dalam mencari referensinya. dalam quran dan sunnah rasul telah mengajarkan banyak cara untuk menjaga kesehatan jasamani.

Selain kesehatan Jasmani tentunya  wajib menjaga kesehatan Rohan dengan cara perbanyak ingat dan mendekat kepada Allah agar hati tidak menjadi keras. karena apabila hati sudah keras maka itu pertanya bahwa nur cahaya Allah akan sulit untuk masuk kedalam hati manusia.
Terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *