UNIT USAHA PERCETAKAN PONDOK PESANTREN RIYADLUL JANNAH PACET

Salah satu misi yang di bawa oleh pondok pesantren riyadlul jannah pacet adalah menjadikan lulusan pesantren sebagai lulusan yg mandiri. salah satu upaya yang dilakukan pesantren yaitu dengan membuka  unit usaha pesantren yang sepenuhnya di operasikan oleh para santri.

Meskipun memiliki jadwal yang sangat padat, namun semua harus temanajemen dengan baik antara waktu belajar dan waktu menjalankan tanggung jawab yang di berikan, mnajemen waktu yang baik, kerja keras dan hidup pola sederhana merupakan hasil akhir yang diharapkan dari santri.

Unit usaha yang diberikan tidak hanya santri putra yang diberikan, usaha dijalankan baik oleh santriwan maupun santriwati, tidak ada perbedaan antara santriwan maupub santri putri apabila ingin memberikan tanggung jawab demi kesiapan terjun bersama masyarakat, selain itu dalam menjalankan unit usaha yang ada setiap santri dipilih berdasarkan potensi serta minat bakat yg mereka inginkan, sehingga, tanggung hawab yang diberikan akan terasa ringan apabila mereka menjalankan sesuai dengan minat bakat yang mereka miliki.

Salah satu unit usaha yang dimiliki oleh pesantran adalah percetakan buku. dengan adanya unit ini selain untuk mnegajarkan kemandirian santri juga sebagai bentuk kemandirian pesantren dalam menerbitkan karya-karya dalam bentuk tulisan. sehingga kitab-kitab yang beredar dikalangan santri merupakan hasil dari santri sendiri.

Santri yang menjalankan unit usaha pecetakan mayoritas dijalankan oleh santri putri, pemilihan santri putri tentunya mempertimbangkan hasil kerja yang rapi dan teliti. seolah tidak ingin bekerja hanya diam, santri sering mengisi kegiatan pencetakan mereka dibarengi dengan pembacaan sholawat dan dzikir, hal ini dilakukan agar apa yg mereka kerjakan semata-mata berniat untuk endapatkan berkah dari Allah SWT dan membiasakan bibir mereka basah dengan kalimat-kalimat toyibah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *