Workshop Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

16/11/21, Tengah berjalan workshop di STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo yang diadakan oleh Forpim Zona Metropolis Kopertais Wil IV dan disupport oleh STAI An Najah sebagai tuan rumah pada acara kali ini. Diawali pembukaan oleh Dr. Istiqomah disambung sambutan dari Dr. H. Yunus Abu Bakar, M.Ag. selaku Sekretaris Kopertais Wilayah IV, Beliau menyampaikan bahwasanya konsep Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sangat bagus sekali dan mengapresiasinya bahkan harus segera diwujudkan, tentunya disesuaikan dengan potensi masing-masing PTKIS.

Workshop dibuka dengan doa oleh Ust. Ahmad Syamsuddin, M.Ag.. Selanjutnya penyampaian presentasi oleh Tim MBKM – Direktorat Akademik & Operator PDDIKTI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada kesempatan kali ini dikawal oleh Evi Rinata, S.St., M.Keb. dan Roni Pambudi, S.Kom. dengan membawa 4 Tema Besar: Pertama Spirit MBKM, Kedua Strategi Implementasi MBKM,  Ketiga Pemutakhiran & Penyelarasan Kurikulum PT untuk Memperkuat Implementasi MBKM dan Keempat Pelaporan MBKM ke PDDIKTI yang pada intinya MBKM merupakan hak setiap mahasiswa dan kewajiban bagi PTKS untuk memfasilitasinya.

Pada dasarnya Workshop sengaja diadakan untuk menindak lanjuti progam Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang MBKM yang masih belum terlalu dapat difahami oleh semua PTKIS, baik pelaksanaannya maupun pelaporannya.

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan pimpinan PTKIS yang tersebar dari empat kota: Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang. Disambut dengan antusias dari peserta yang hadir, terbukti dengan hidupnya diskusi selama acara tersebut. Acara tersebut berakhir tepat pukul 14:30 setelah berakhirnya presentasi oleh Roni Pambudi, S.Kom.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *